Recomend! 5 Software Edit Video Ringan & Terbaik

Masih bingung nyari software editing video, Nih saya kasih saran beberapa refrensi edit video ringan dan terbaik menurut Cinemedia. Banyaknya Software Editing Video gratis yang ditawarkan di internet hingga yang berbayar, mulai dari murah sampai mahal, kadang bikin makin galau ya. buat kalian yang masih ingin mencoba video editing, atau untuk kalangan profesional yang sedang mencari alternatif lain.
Tidak semuanya software editing video pada komputer memiliki tampilan depan yang ribet sehingga membuat kita yang amatir dibuat pusing. Ada cukup banyak software edit video yang mudah digunakan untuk pemula, Contohnya seperti VirtualDub. Berikut ini, 5 Software Edit Video Ringan & Terbaik Merangkum dari berbagai sumber, Siapa tau cocok untuk kalian.


*1. Pinnacle Studio
Sebuah divisi dari Avid Technology, Diproduksi oleh System Pinnacle yang membuat software editing video ini telah mendapat penghargaan Emmy Award untuk kategori technical achievement dan excellence video terbaik.
Bisa dipastikan kalau Pinnacle Studio ini mempunyai banyak fitur yang canggih dan untuk melakukan editing video. Tak jarang pula software ini dijadikan sebagai salah satu ikon utama di dunia editing video khususnya dalam bidang 3D.


*2. HitFilm Express
Software editing video tergolong memiliki system yang cukup ringan, meski demikian HitFilm Express memiliki fitur-fitur yang cukup keren dalam hal penyuntingan video. HitFilm sebenarnya ditargetkan sebagai editor video bagi filmmaker namun akhirnya populer di kalangan YouTuber. Karena program ini di anggap cocok untuk berkreasi seluas-luasnya. HitFilm fokus di visual effects dengan koleksinya mulai dari shake, hujan, darah-darahan, ledakan dan api.
HitFilm Express juga memiliki tools titling standar, grading warna, fitur Chroma Key dan editing audio. Hasilnya dari editingnya juga dibagi ke dalam beberapa format yaitu MOV, MP4, AVI, MXF, MPEG-1, WMV dan beberapa jenis lainnya.


*3. Corel Video Studio
Software yang satu ini mungkin cukup mudah dan ringan. Seperti yang kita tahu, pengembang software yang satu ini telah menggarap deretan software yang cukup handal, sebut saja Corel Draw misalnya. 
Corel Video Studio mempunyai beberapa fitur yang bisa dibilang keren. kamu bisa menghasilkan video dengan mudah dan cepat. Namun yang terpenting, ia memiliki tampilan depan yang cukup sederhana. Dengan kata lain, software editing video ini cocok digunakan untuk pengguna pemula yang sedang mendalami proses belajar di dunia edit video.


*4. DaVinci Resolve
Untuk urusan koreksi warna dan grading, DaVinci Resolve adalah rekomendasinya. Software yang satu ini paling tepat buat kalian yang ingin jadi master di bidang kualitas gambar. DaVinci Resolve memungkinkan untuk melakukan proses editing video secara bersamaan, mengaplikasikan efek transisi atau mengedit audio waveform. Dengan di dukungnya plug-in OpenFX, agar bisa menyesuaikan filter tergantung selera kalian.
Namun, DaVinci Resolve ini justru dinilai sia-sia jika hanya digunakan untuk mengedit simpel-simpel saja. Jadi pastikan Anda memang bener-bener butuh software ini ya daripada nanti pusing memakainya.
  • Export options: AVI, QuickTime, MP4, MOV, APNG
  • Keuntungan : menyediakan banyak color correction
  • Kekurangan : membutuhkan sistem tinggi, minimal 4G RAM untuk grafis. Selain itu juga bakal ada masalah untuk mengimpor beberapa tipe file.


*5. Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro menjadi salah satu software edit video terpopuler yang paling banyak digunakan sejauh ini. Memiliki tampilan antarmuka yang cukup baik dengan fitur yang lengkap, aplikasi besutan Adobe ini sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna awam hingga profesional sekalipun.
Melalui software yang satu ini, kalian juga bisa mengedit video dengan fitur seperti pemotongan, transisi, hingga fitur BGM. Kerennya lagi, file project yang kamu buat bisa diimpor ke Adobe After Effect untuk penambahan efek visual agar lebih menakjubkan.


Nah, Itu tadi beberapa rangkuman software edit video ringan & terbaik menurut Cinemedia. Silakan kalian memilih yang sesuai denganmu. Beberapa ada yang berbayar jadi kalau mau yang gratis komentar dibawah ya... Hehehe...