Ternyata Begini Asal Muasal Bioskop Dan Popcorn

Popcorn? Siapa sih yang gak tau sama camilan yang satu ini, nampaknya kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan. Pernahkah kalian merasa penasaran, sejak kapan popcorn jadi camilan saat kalian menonton di bioskop?

Popcorn sudah populer di karnaval dan pasar malam pada pertengahan 1800-an, namun baru mulai banyak dijual di jalanan sejak 1885. Saat itu, melansir beberapa sumber, adalah waktu di mana mesin pembuat popcorn bertenaga uap komersil pertama diciptakan oleh Charles Cretors. Gerobak penjaja popcorn umumnya muncul di gelaran olahraga luar ruangan, sirkus, maupun pameran.
Hingga tahun 1927, film sudah mulai memiliki soundtrack dan tidak lagi eksklusif untuk kaum kaya dan terpelajar. Menonton di teater atau bioskop sudah jadi ativitas yang bisa dilakukan oleh semua orang. Pada masa tersebut, banyak orang kesulitan mencari hiburan murah untuk mengalihkan perhatian mereka dari masa sulit. Para penjual popcorn mampu memanfaatkan situasi dengan jualan di depan bioskop dengan harga yang cukup murah.

Kebersamaan bioskop dengan popcorn makin lengket pada saat Perang Dunia II. Camilan ini mengalahkan permen dan soda yang banyak mengandung gula. Mau tak mau, kedua jenis makanan ini harus menyerah sebab Filipina sebagai eksportir gula tak lagi bisa memasok gula ke Amerika Serikat.
Pada 1945, popcorn dan nonton film sudah tidak bisa lagi dipisahkan. Setengah dari konsumen popcorn adalah mereka yang membawanya ke bioskop. Bahkan, pihak bioskop menayangkan iklan di waktu sebelum film dimulai agar pengunjung sempat ke lobi dan membeli camilan.

Namun, Kebersamaan popcorn dengan bioskop tak selalu berjalan dengan mulus. Popularitasnya sempat menurun lantaran kemajuan teknologi. Dengan munculnya televisi di era 1960-an membuat  orang semakin sedikit yang berkunjung ke bioskop.

Dan itulah kisah panjang dibalik kaitan popcorn dengan bioskop, Meskipun di bioskop kini mulai ada berbagai camilan lain. Popcorn dipercaya tidak akan kehilangan masa keemasanya dan selalu ada di setiap bioskop.