Waspada! Dampak Negatif Dari Kecanduan Game Online

Di berbagai negara sudah muncul berbagai masalah serius terkait bermain game. Banyak juga kasus orang muda yang tewas di akibatkan karena kelelahan saat bermain game. tak jarang  pula kalian akan menemukan beberapa orang yang sedang asyiknya saat bermain game di HPnya. Jika sudah kecanduan banyak waktu yang terbuang sia sia, Hingga beberapa orang harus kehilangan nyawa dikarena kecanduan bermain game secara berlebihan.

Para ahli juga menemukan bahwa efek bermain game bukan cuma bikin mata jadi sakit, Tetapi juga cepat pikun. Kecanduan game juga memicu tindakan kriminal. Pernah adanya laporan dengan kasus tujuh remaja yang nekat mencuri uang, tabung gas, dan rokok hanya untuk membayar sewa peralatan game online. Namun, seseru apa pun permainannya, jangan sampai Anda bermain game action terlalu sering, ya!
Fakta ini ditemukan oleh Gregory West, salah satu dosen psikologi di Universite de Montreal, Kanada, tahun 2017. Padahal, beberapa penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa kecanduan bermain game aksi memberikan dampak positif. Salah satunya adalah dengan melatih kemampuan motorik dan fokus.

Sebanyak 85% orang yang keseringa bermain game action lebih dari 6 jam setiap minggu memiliki bagian grey matter yang lebih sedikit pada bagian hipokampus, dibandingkan denga orang yang jarang bermain game. Hipokampus adalah dari bagian otak yang menjadi pusat belajar dan pengolahan memori jangka waktu panjang.
Karena itu, dapat dipahami bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan kecanduan game ke dalam daftar penyakit dalam laporan International Classification of Diseases edisi 11 (ICD-11). Dengan begini, Kecanduan bermain game resmi masuk sebagai daftar gangguan kesehatan jiwa. Penanganannya harus juga dilakukan oleh psikolog atau psikiater. 

Kalian juga harus yakin sesuatu tindakan yang dimulai pasti bisa diakhiri, Berikut juga dengan kecanduan game online pasti bisa diakhiri.